Kebijakan Privasi

oleh
  1. KODE ETIK DAN PEDOMAN PRILAKU JURNALIS

Pendahuluan

Kemerdekaan berpendapat, berekspresi, dan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi pancasila, undang-undang dasar 1945, dan deklarasi universal Hak Asasi Manusia PBB. Kemedekaan pers adalah sarana masyarakat untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi, guna memenuhi kebutuhan hakiki dan meningkatkan kuwalitas kehidupan manusia. Dalam mewujudkan kemerdekaan pers itu, Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) juga menyadari adanya kepentingan bangsa, tanggung jawab sosial, keberagaman masyarakat, dan norma-norma agama.

Dalam melaksanakan fungsi, hak, kewajiban dan peranannya, pers menghormati hak asasi setiap orang, karena itu Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) dituntut profesional dan tebuka untuk dikontrol oleh masyarakat.

Untuk menjamin kemerdekaan pers dan memenuhi hak publik untuk memperolrh informasi yang benar, Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) memerlukan landasan moral dan etika profesi sebagai pedoman operasional dalam menjaga kepercayaan publik dan menegakkan integritas serta profesionalisme. Atas dasar itu, Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) memerlukan landasan moral, etika profesi dan pedoman prilaku menegakkan integritas, independensi, serta profesionalisme,

Oleh sebab itu, Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) wajib mematuhi kode etik dan pedoman perilaku Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com),

Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) berkewajiban menjunjung tinggi kebenaran dan hak masyarakat untuk memperoleh informasi serta bertanggungjawab kepada publik.

Penjelasan: sudah jelas

Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) memberi tempat bagi pihak yang kurang memiliki kemampuan, kesempatan dan akses untuk menyuarakan pendapatnya.

Penjelasan: sudah jelas

Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) menghargai keanekaragaman sikap dan pandangan dalam masyarakat dan menghindari kebencian, perasangka, sikap merendah, diskriminasi, dalam masalah suku, ras, bangsa, jenis kelamin, orientasi seksual, bahasa, agama, pandangan politik dan juga orang berkebutuhan khusus atau latar belakang sosial lainnya.

Penjelasan: perasangka adalah anggapan yang kurang baik mengenai suatu hal sebelum mengetahui secara jelas. Diskriminasi adalah pembedaan perlakuan,

Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) besikap independen.

Penjelasan: independen berarti memberitakan pristiwa atau fakta sesuai dengan sesuai hati nurani tanpa campur tangan, paksaan, dan intervensi dari pihak lain, termasuk pemilik perusahaan pers.

Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) tidak beritikad buruk

Penjelasan tidak beritikad buruk berarti tidak ada niat secara sengaja dan semata-mata untuk menimbulkan kerugian pihak lain.

Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) menghormati privasi kecuali untuk kepentingan publik.

Penjelasan: privasi adalah segala segi kehidupan pribadi seseorang dan keluarganya. Pengabaian atas privasi hanya bisa dibenarkan bila ada kepentingan publik yang diperlukan. Seperti membongkar korupsi atau mencegah prilaku yang membahayakan  kepentingan umum.

Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) tidak menerima suap, tidak menyalahgunakan profesi dan menghindari konflik kepentingan.

Penjelasan: suap adalah segala pemberian dalam bentuk uang, benda atau fasilitas dari pihak lain yang mempengaruhi independensi.

Menyalahgunakan profesi adalah segala tindakan yang mengambil keuntungan pribadi atas informasi yang diperoleh saat bertugas sebelum informasi tersebut menjadi pengetahuan umum.

Kepentingan adalah suatu keadaan yang bisa mengaburkan sikap wartawan atau media dari misinya untuk menyampaikan berita yang akurat dan tanpa bias. Jika konflik kepentingan tak bisa dihindari, maka wartawan menyatakan posisinya dalam konflik kepentingan tersebut kepada publik melalui karya Jurnalistik.

Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) tidak memiliki pekerjaan sampingan atau terlibat dalam partai politik serta organisasi yang berpotensi mempengaruhi integritasnya. Mengenai pekerjaan sampingan yang diperbolehkan dilakukan, dan organisasi yang bisa diikuti, oleh Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) merujuk pada perjanjian kerja bersama(PKB). Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) harus mendapatkan informasi yang akurat dan selalu melakukan cek dan ricek. Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) harus melakukan upaya sungguh-sungguh untuk mendapatkan tanggapan dan konfirmasi dari mereka yang dituduh melakukan kesalahan.

Penjelasan: cukup jelas

Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) menghargai kesepakatan dengan nara sumber soal informasi latar belakang, “off the record”, dan narasumber anonim.

Penjelasan: informasi latar belakang  adalah segala informasi atau data dari narasumber yang disiarkan atau diberitakan tanpa menyebut nara sumbernya.

Off the record adalah segala informasi atau data dari narasumber yang tidak boleh disiarkan atau diberitakan,

Yang dimaksud nara sumber anonim adalah orang-orang yang terancam keamanannya apabila identitasnya dibuka,

Identitas yang harus dirahasiakan adalah segala informasi yang bisa membuat seseorang dikenali jati dirinya seperti nama, alamat, orang tua , nama sekolah, dan nama tempat sekolah.

Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) dapat menggunakan teknik penyamaran atau pengumpulan informasi secara tertutup sehingga jikab semua cara yang terbuka tidak mumgkin menghasilkan informasi yang vital untuk publik. Jika akhirnya memakai metode penyamaran atau tertutup, harus dijelaskan sebagai bagian dalam cerita/berita

Penjelasan: informasi vital adalah informasi yang memiliki dampak besar terhadap kepentingan publik.

Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) dilarang menerima perlakuan istimewa dari nara sumber atau pihak yang berpotensi diberitakan

Penjelasan: perlakuan istimewa adalah pelakuan yang menyangkut fasilitas untuk pribadi di luar kebiasaan atau melebihi batas kewajaran.

Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) tidak mendistorasi berita dan kutipan.

Penjelasan: distorasi adalah tindakan sengaja untuk menyampaikan fakta dari subtansi atau konteksnya

Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) tidak mendistorasi foto atau vidio. Jika melakukan notasi atau memakai foto ilustrasi selalu disertai Penjelasan.

Penjelasan: sudah jelas

Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) mematuhi ketentuan embargo sepanjang tidak menghalang-halangi kepentingan publik.

Penjelasan: embargo adalah penundaan penguatan atau penyiaran berita sesuai dengan permintaan narasumber.

Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) tidak menyebutkan identitas korban tindak asusila dan anak-anak pelaku tindak pidana.

Penjelasan: anak adalah seorang yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah.

Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) segera meralat kekeliruan dalam pemberitaan serta melayani hak jawab.

Penjelasan: ralat dan hak jawab atas pemberitaan kekeliruan itu diketahui, dan dilakukan sesuai panduan media siber dan dewan pers.

Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) dilarang menjiplak, menggandakan, dan mengutip informasi serta menggunakan foto tanpa penjelasan sumber aslinya.

Penjelasan: sudah sangat jelas

Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) tidak campur adukkan fakta dan opini.

Penjelasan: sudah jelas

Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) tidak menyamarkan iklan sebagai berita.

Penjelasan: sudah jelas

Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) harus menganggap berbagai tindakan berikut sebagai bentuk pelanggaran antara lain: pelagiat atau penjiplakan. Kesalahan penulisan atau pemberitaan yang disengaja. Menerima suap dalam berbagai bentuk dengan tujuan mempertimbangankan suatu berita atau untuk menyembunyikan fakta Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) adalah menghormati kebenaran serta hak publik akan kebenaran untuk itu, dalam melaksanakan tugas utamanya, harus berpegang teguh kepada prinsip-prinsip kebebasan dalam mengumpulkan dan mempublikasikan berita dengan jujur, dan Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) mempunyai hak untuk memperoleh komentar serta keritik yang adil. Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) hendaknya menggunakan cara-cara sesuai ketika mencari berita foto atau dokumen Jurnalis tintajabar (www.tintajabar.com) harus selalu waspada akan adanya bahaya diskriminasi yang dilakukan oleh media, dan berusaha semaksimal mungkin untuk menghindari berbagai tindakan diskriminasi yang didasarkan atas ras, jenis kelamin, orientasi seksual, bahasa, agama, pendapat politik atau pendapat lainnya, serta asal mula sosial dan kebangsaan.

Catatan:

Hal-hal yang belum tertuang dalam kode etik pedoman perilaku ini, dapat menunjuk kode etik Jurnalistik yang diatur dalam undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang pers, dan peraturan dewan pers.

Bandung, 1 Januari 2021