oleh

Yang Muda Juga Menolak Rencana Pemkot Dirikan Kampung Turki

TINTAJABAR.COM, DEPOK – Adamas pemuda asli ‘Tanah Pasundan’ (Kota Depok) yang juga Wakil Ketua Organisasi Garuda Nusantara, dalam tanggapannya menyatakan menolak terkait hal pemberitaan kalau Pemkot Kota Depok menawarkan untuk didirikannya ‘Kampung Turki’ di Kota Depok.

o

“Saya tau dan memahami tujuan upaya Bang Wakil Walikota terpilih IBH, itu baik walau masih agenda karena belum jelas lokasi dimananya. Tapi saya tetap menolak dan alasan saya menolak adalah; jika hanya untuk memajukan Kota Depok dari segi Ekonomi, Infrastruktur, buat apa mendirikan kampung turki? Lihat Bali dan Daerah lain, mereka bisa maju mandiri dan berdaya saing terbukti dengan banyaknya turis dari berbagai Negara mengunjungi Pulau Dewata tersebut.

Bukan lantaran hanya keindahan laut, tapi karena mereka pun menjaga, serta melestarikan keaslian Seni dan Budaya daerahnya. Sehingga sangatlah bernilai, dan dari situ mereka bisa menaikan dan memajukan wilayah tersebut,” tutur Adamas.

Menurut Adamas, Kota Depok pun bisa seperti itu. Apalagi di kota Depok ini ada 2 Kesenian dan Kebudayaan asli Nusantara, yang sudah di akui Dunia (UNESCO) yaitu; Sunda dan Betawi.

Ironisnya, kenapa Pemkot Depok bukannya justru menggali potensi tersebut. Perlu di ingat, Nusantara dan Bangsa ini, di hargai oleh Bangsa luar oleh sebab Keberagaman Suku, serta kekayaan Kesenian Budayanya yang ada.

“Saya berharap, Pemkot Kota Depok memikirkan kembali ide gagasan akan mendirikan ‘Kampung Turki’ tersebut. Jika memang harus didirikan juga, tolonglah dirikan lebih dulu; ‘Kampung Lingkung Seni dan Budaya’ sebagai aset budaya asli Bangsa kita. Lihat Bogor, disana memang ada ‘Kampung Inggris’ tapi tidak luput disana juga ada ‘Kampung Sunda’ yang mana itu adalah Jati Diri dari Seni Budaya kota Bogor,” papar Adamas.

Adamas juga mengutip pesan dari Almarhum; Abah Asep Sunandar Sunarya, selaku dalang Wayang Golek yakni;
‘Martabat Suatu Bangsa Bisa Diukur Dari Budayanya’.

“Jadi bisa dikatakan, kalau budayanya rusak, maka Bangsanya pun akan Hancur,” tegasnya.

Komentar