oleh

Bupati Sumedang Tinjau Musibah Longsor Di Pesantren Annur Sumedang Utara

TINTAJABAR.COM, SUMEDANG – Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meninjau langsung Pondok Pesantren (Ponpes) An-Nuur di Kelurahan Situ Kecamatan Sumedang Utara, Selasa (18/5/2021). Sebelumnya, salah satu bagian bangunan ponpes tersebut ambruk pada hari Sabtu (8/5/2021) lalu.

“Saya meninjau langsung Ponpes An-Nuur yang mengalami longsor, ada kobong dan kamar mandi juga yang ambruk, kemungkinan ambruk karena ada pergeseran tanah, karena itu belahannya terlihat, mungkin ada pergeseran tanah,” kata Dony seraya menyebutkan bahwa pemda akan memberi perhatian khusus untuk penanganan perbaikan ponpes tersebut.

Menurutnya, hari ini dari PUPR menurunkan alat berat ekskavator untuk menyingkirkan dulu puing-puing reruntuhannya, kemudian nanti akan dibuatkan benteng dua trap supaya tidak terjadi lagi longsor susulan.

Atas kejadian ini, bupati kembali mengingatkan kepada masyarakat agar berhati-hati, meskipun saat ini sudah tidak memasuki musim hujan.

Sementara itu, Pimpinan Ponpes An-Nuur, H. Sandy Prasasti mengatakan, ambruknya bangunan terjadi sekitar pukul 22.00 WIB. Bangunan yang ambruk adalah tembok setinggi 5 meter dan panjang 12 meter. Diatasnya merupakan bangunan kobong, balai santri, kamar mandi, dan tempat jemuran santri.

Beruntung pihaknya sudah memulangkan hampir semua santri, sehingga kejadian tersebut tidak menimbulkan banyak korban. Namun seorang santri luka-luka di bagian kakinya karena menjadi korban longsor susulan,” tuturnya. (Red/tintajabar.com)

Komentar

Tinggalkan Balasan