oleh

Viral! Video Joget Tiktokan Rudy Gunawan Bupati Garut Tanpa Masker di Lombok

TINTAJABAR.COM, GARUT – Berjoget tanpa masker, beredar video Tiktok Bupati Kabupaten Garut Rudy Gunawan berjoget-ria bersama pejabat Pemkab dan RSUD dr Slamet di Pantai Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Pasalnya video tiktok itu nampak Bupati Garut Rudy Gunawan sedang asik berjoget dan pengiring yang ikut mengerumuninya sambil ikut menari-nari juga tidak terlihat tidak ada satu orangpun yang mengenakan masker dan menjaga jarak satu sama lain, jelas saja ini menuai kecaman dari berbagai pihak.

Terkait beredarnya video tiktok Bupati Garut yang diduga melanggar protokol kesehatan tersebut saat menghadiri acara Rapat Evaluasi dan Penanganan Covid-19 serta peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia RSUD dr Slamet Garut.

“Ini benar-benar sangat mengecewakan melihat seorang Pejabat Daerah/ Pemimpin Daerah sangat tidak mencerminkan seorang Figur Bupati di video yang tersebar viral melalui platform WhatsApp ,” ujar Dudi S Ketua DPD Laskar Indonesia Kabupaten Garut, Jumat (03/12/21)

“Saya merasa kecewa dengan melihat bupati divideo yang tersebar di WA dengan tanpa masker, tanpa jarak dan berkerumun perbuatan ini patut diduga melanggar peraturan pemerintah no21 tahun 2020 tentang pembatasan sosial, peraturan presiden no 82 tahun 2020, keputusan presiden no.11 tahun 2020, keputusan presiden no 12 tahun 2020”, ungkap Dudi.

Menurutnya lagi, Kepala Daerah harus menjadi contoh tentang penanganan virus Covid-19 dimasa pandemi ini dan ini masih dalam situasi PPKM level 2, dimana virus masih terus ada, terlebih lagi, ungkap Dudi saat ini muncul lagi varian virus baru mutasi Covid-19 yang mesti diwaspadai semua orang. Beliau yang mengeluarkan surat edaran untuk tidak berkerumun dan harus mengikuti aturan Protokol Kesehatan tetapi beliau juga yang melanggar aturan ini”, ujar Dudi.

Sesuai keputusan menteri kesehatan No.HK.01.07/menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan dan Perbub No. 47 tahun 2020, perilaku ini tidak memberikan contoh dan tauladan pada masyarakat, apalagi kunjungan tersebut membahas penanganan covid 19, DPRD Garut harus memanggil bupati terkait masalah tersebut, dengan alasan indikasi Bupati melanggar peraturan perundang-undangan dan Berbubnya sendiri terkait penangan wabah covid 19.

Bupati Garut Rudy Gunawan menuturkan kepada wartawan membenarkan video TikTok yang beredar luas itu. Namun dia menyatakan permohonan maaf jika video tersebut tak berkenan dan tak layak di publik, bagaimana kita dalam kondisi sekarang ini masih tetap mendisiplinkan kondisi 50 persen dari kapasitas,” katanya.

Rudy mengklaim adegan di video tersebut merupakan suatu kegiatan sesi olah raga pagi bersama para tenaga kesehatan dan manajemen RSUD dr Slamet Garut di sekitar hotel, Meski demikian, ia mengakui kesalahannya tersebut.
(Frisca/tintajabar.com)

 

Komentar