oleh

Desa Mekarsari Deklarasikan Desa ODF

Loading...

TINTAJABAR.COM, GARUT – Pemerintah Desa Mekarsari Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut mendeklarasikan Desa ODF (Open Defecation Free) yaitu desa yang bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

Loading...

Deklarasi tersebut dilaksanakan kamis (25/3) dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Kecamatan Bayongbong dan unsur Forkopimcam Bayongbong.

Kepala Desa Mekarsari, Lensa Maria beserta jajaran RW juga mendeklarasikan desa yang cuci tangan pakai sabun, pengeolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengamanan sampah rumah tangga dan pengamanan limbah cair rumah tangga.

” Kami bangga Desa Mekarsari Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut sudah terbebas dari perilaku buang air besar sembarangan,” ujar Lensa Maria diikuti jajaran RW saat deklarasi ODF.

“Harapan kita untuk meningkatkan perilaku kehidupan masyarakat yang lebih sehat biar masyarakat Mekarsari lebih paham untuk melakukan BAB,” tambah Lensa saat diwawancarai.

Lensa menjelaskan, selama ini untuk menciptakan desa yang ODF pihaknya berjuang sejak 2017 lalu. Dengan dukungan dana desa, Lensa berhasil menciptakan desa yang 100 persen ODF.

Sejak tahn 2017 tahun silam, dari 1.383 kepala keluarga, baru tercapai 72,5 persen yang sudah ODF, sementara sisanya masih buang air besar sembaragan. ” Nah sekarang alhamdulillah di tahun 2021 sekarang dengan pemicuan – pemicuan kita alhamdulillah mencapai 100 persen,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Garut, Maskud Farid juga ikut hadir mewakili Pemerintah Kabupaten Garut.

Maskud menjelaskan, untuk mencapai desa ODF ini memerlukan sinergitas antara puskesmas dan unsur pemerintah kecamatan dan juga Pemerintah desa beserta jajaran RW RT di bawah.

” Makanya nanti ada puskesmas ada dari pak camat diharapkan kepala desa ini beserta RW RW nya komitmen mengusahakan agar tidak hanya sekedar mengimbau saja tapi juga mengusahakan. Kalau misalnya tidak ada air bagaimana solusinya, kalau tidak mampu bagaimana solusinya. Jadi ada solusi lah untuk membantu masyarakat,” ujarnya.

(Hendar/TintaJabar.co)

banner Suki banner Suki

Komentar

Tinggalkan Balasan