oleh

Awas Hoaks ! Hati-Hati Modus Penipuan Kartu Prakerja Gelombang 12, Inilah Situs Resmi Dan Palsu

TINTAJABAR.COM, JAKARTA – Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja memberi peringatan dan meminta masyarakat agar berhati-hati terkait kabar yang mengatakan bahwa pendaftaran kartu prakerja gelombang ke-12 telah dibuka.

PMO mengatakan, kabar tersebut tidak benar.
“Satu minggu belakangan ini beredar pesan bahwa gelombang 12 Program Kartu Prakerja telah dibuka. Pesan ini adalah hoaks yang bermaksud mengelabui masyarakat dan mencuri data pribadi. Kami meminta masyarakat untuk berhati-hati dalam memberikan data pribadi di situs yang tidak benar,” ujar Head Of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Minggu (17/1).

Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja memberi peringatan kepada masyarakat agar berhati-hati agar tidak termakan hoaks dalam memberikan data pribadi di situs yang tidak benar pada
pendaftaran gelombang 12 Kartu Prakerja.
” ujar Louisa dalam keterangannya, Minggu (17/1/2021).

Luoisa pun mengatakan alamat situs palsu yang beredar adalah : http://dashboard.prakerja12.xyz/?gel=12.

Pada pesan beredar tersebut, pelaku menggunakan situs http://dashboard.prakerja12.xyz/?gel=12 untuk mengumpulkan data masyarakat.

“Perhatikan akhiran go.id,”
Luoisa pun mengatakan alamat situs palsu yang beredar adalah http://dashboard.prakerja12.xyz/?gel=12.
Ini adalah alamat Situs palsu yang beredar, Pesan ini adalah Hoaks .

Padahal sebenarnya, situs resmi kartu prakerja yang dikeluarkan oleh pemerintah adalah : www.prakerja.go.id. Dia meminta agar masyarakat jeli memperhatikan akhiran go.id tersebut.
sebut Louisa.

Pihaknya pun mengatakan, hingga saat ini belum ada keterangan terkait pembukaan gelombang 12 Kartu Prakerja.

Lebih lanjut, Louisa mengatakan pihaknya akan mengumumkan pembukaan Kartu Prakerja gelombang 12 melalui media serta media sosial resmi Kartu Prakerja, baik instagram atau facebook dengan nama akun @prakerja.go.id.

Sebelumnya, Louisa menyampaikan bahwa hingga saat ini Komite Cipta Kerja dan Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja tengah memfinalisasi mekanisme dan teknis pelaksanaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang ke-12 ini. Menurutnya, pihaknya akan segera memberikan informasi begitu ada perkembangan lebih lanjut.

Dia juga memastikan pihaknya akan menyampaikan perkembangan program Kartu Prakerja ini secara berkala, mulai dari insentif, sertifikat, pantauan rekening dan proses lainnya. Dengan begitu diharapkan apa yang dialami dan dikeluhkan oleh penerima program ini dapat dipahami.

Semoga masyarakat yang membutuhkan Kartu Prakerja dapat membedakan alamat Situs palsu dan alamat Situs resmi.

 

banner 300250 banner 300250 banner 300250

Komentar

Tinggalkan Balasan