oleh

Bupati Sumedang : Jaling Utara Jatigede Bisa Dipakai Saat Lebaran

TINTAJABAR.COM, SUMEDANG – Bupati Dony Ahmad Munir meninjau pembangunan tahap II Jalan Lingkar (Jaling) Utara Bendungan Jatigede mulai dari Blok Warung Ramping, Desa Pajagan sampai ke Blok Karamat, Desa Cigintung, kecamatan Cisitu sepanjang 2,4 km. “Setelah tuntas pembangunan tahap II akan dilanjutkan ke tahap III dari Karamat sampai ke Pasirringkik jalan Sumedang-Wado. Untuk tahap III  sudah diajukan ke Kementerian PUPR,” kata Dony.

Bendungan Jatigede di kelilingi jalan, ada Lingkar Selatan-Barat, Lingkar Timur dan nanti tersambung dengan Lingkar Utara. Selain untuk akses orang dan barang, jalan lingkar yang mengelilingi Jatigede ini bisa mendongkrak sektor parawisata. “Pemandangan di sekitar kawasan Bendungan Jatigede sangat luar biasa dan menjadi spot-spot wisata,” katanya.

Jaling Utara Bendungan Jatigede, ruas Pajagan-Karamat Kecamatan Cisitu ditargetkan bisa dilintasi pengguna kendaraan bermotor saat lebaran tahun ini. Progres pembangunan Jaling Utara kini sudah mencapai 40 persen. Pembangunan ini juga mencakup pengerjaan drainase di kanan-kiri jalan. “Pelaksanaan pengerjaan jalan dibuat satu lajur dulu. Kini pengerjaan sudah sepanjang 2.4 km. Kalau lebaran kami targetkan bisa dilintasi dulu satu jalur,” ujar staff dari pengembang, Asep Bangkit di Pajagan Cisitu, Senin (12/4/2021).

Menurut Asep, ruas Jaling Utara Jatigede memang kedepan diproyeksikan untuk akses jalan wisata. Selain itu juga akses penghubung antara Jatigede ke Kota Sumedang atau sebaliknya. “Kalau jalan sudah normal bisa dilintasi lalu lintas Jatigede-Sumedang Kota akan efesien karena memotong jarak hingga puluhan kilometer,” kata Asep.

Pembangunan ruas Jaling Utara Jatigede tahap dua, di wilayah Desa Pajagan, Kecamatan Cisitu kembali dilanjutkan pada awal Februari 2021 lalu. Lanjutan peningkatan ruas jalan lingkar utara Jatigede ini, kata Asep, dilaksanakan dari mulai blok Warung Ramping Desa Pajagan hingga blok Karamat Desa Cigintung, Kecamatan Cisitu, dengan panjang jalan 2,4 kilo meter, dan lebar 6 meter. “Pengerjaan jalan ini akan di laksanakan dengan rabat beton, dengan target pengerjaan 240 hari, adapun biaya untuk peningkatan ruas Jaling Utara Jatigede ini adalah Rp 17.239.163.000,” ungkapnya.

Sebelumnya, tahun lalu pembangunan Jaling Utara dilakukan sepanjang 3,8 kilo meter, dari mulai Kampung Eretan Desa Kadujaya Kecamatan Jatigede, sampai Warung Ramping Desa Pajagan Kecamatan Cisitu. “Jadi dengan pengerjaan sekarang jalannya akan tersambung,” ucapnya. (Diskominfo/tintajabar.com)

banner Suki banner Suki banner Suki banner Suki banner Suki

Komentar

Tinggalkan Balasan